-->

TIPS MEMILIH SD CARD UNTUK GADGETMU

Yoohoo~! Kali ini saya akan berbagi sekedar informasi tambahan bagi kalian yang bingung milih SD card untuk gadgetmu , Apabila ada yang terlewat atau kekurangan , Agan bisa bantu comment dibawah , Trims~!


Pernah Bingung Gak Sih Saat Memilih SD card / Kartu Memori Eksternal Untuk Gadgetmu ? Kapasitas Sama Kok Harga Bisa Beda Ya ?? Perbedaannya Dimana Sih? Contoh Kasus Untuk SD card Sandisk Ini





 
Sumber : Google.com


Sumber : Google.com



Sumber : Google.com


Nah bingung kan ? Hehe , Lanjut ke pembahasan , Umumnya setiap SD card pastinya memiliki kecepatan Read / Write Speed nya sendiri , Oleh karnanya mereka mempunyai "CLASS" nya sendiri.


Sumber : Sobat HAPE


Sumber : sdcard.org



Penamaan seperti ini di didasarkan oleh kecepatan Minimum Sequential Writing Speednya / kecepatan si SD card menerima data & menyimpan data tersebut.


Sumber : Sobat HAPE



Tapi penamaan Class seperti ini hebohnya sudah lama, Oleh karnanya dibuatlah penamaan class baru yaitu "UHS/UltraHighSpeed" Class yang lebih kencang.

Sumber : Sobat HAPE



Sumber : sdcard.org




Nah untuk kecepatannya sendiri : UHS 1 : 10 MB/s sama dengan Class 10 , dan UHS 3 : 30 MB/s.


Sumber : Sobat HAPE


Sampai akhirnya keluarlah "UHS-II" yang lebih kencang dari UHS-I yang mempunyai batas kecepatan maksimum 104 MB/s , Untuk UHS-II ini mempunyai jalur/bus yang lebih banyak dari UHS-I, Yang kuningan nya itu loh & kecepatan maksimum UHS-II ini bisa sampai 314 MB/s.


Sumber : Sobat HAPE


Namun UHS-II bukanlah pengkategoriannya , Untuk pengkategoriannya dibuatlah nama "Video Speed Class".


Sumber : Sobat HAPE

Sumber : sdcard.org



Untuk kecepatannya , V6 = 6 MB/s , V10 = 10 MB/s , dsb.

Sumber : Sobat HAPE




Dari sini agan agan sudah mendapat gambaran  mau beli SD card yang seperti apa & cocoknya seperti apa , Kalo hape agan baru bisa rekam video Full HD , Yang V10 juga udah cukup, Bisa dilihat di table


Sumber : Sobat HAPE



Oh ya , Kalau agan biasanya menginstall game ke dalam SD card, Karena tentunya berbeda dari Video Speed Class, pilihlah Label "A1 / A2" atau "Application Speed Class"

Nah, Penamaan seperti ini bukan dilihat dari berapa kecepatan minimum sequential writing speednya tapi dilihat dari "IOPS" nya 

Sumber : Sobat HAPE



IOPS ini bukan dilihat dari seberapa cepat transfer rate tetapi dilihat dari berapa banyak jumlah
operasi yang dilakukan secara random per satuan detik , karena data yang tersimpan dalam SD card isinya terpencar , Kalo misalkan SD cardnya tidak cukup cepat , Maka game tersebut akan terjadi penurunan performa seperti FPS drop , stuttering , dsb.

Untuk yang ada di pasaran , ada A1 dan A2 :


Sumber : Sobat HAPE





Sekian dari saya , Semoga dapat membuka sedikit wawasan & bermanfaat bagi semua orang , Terima Kasih & Jumpa lagi di Post selanjutnya ~! See Ya~!


Sumber : Youtube Channel - Sobat HAPE

0 Response to "TIPS MEMILIH SD CARD UNTUK GADGETMU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel