-->

Tips Memilih Power Supply / PSU yang sesuai. Investasi yang keliatan sepele namun FATAL


Pernah dengar saat kita sedang scrolling" toko online atau saat kita ditawarkan oleh penjual part komputer dan dicekoki lah kita saat membeli sebuah PSU dengan embel" PURE.     

Ya, Tema kita saat ini adalah Memilih Power Supply / PSU yang sesuai .......

Sesuai budget , sesuai dengan komponen yang digunakan , sesuai dengan pc yang nanti mungkin akan di rakit. 


1.USAHAKAN JANGAN PAKAI PSU BAWAAN CASING (WAJIB)


Hello.., Sudah tahun 2020 masih pake PSU Bawaan Casing ??!! 
Tidak ada yang salah / aneh memang ketika kita memakai Power Supply bawaan casing karena dari sisi cost di awal semata lebih murah karena sudah include bawaan ketika kita juga membeli sebuah casing untuk pc yang akan kita rakit nanti.

Namun APABILA kita mau merakit komputer dengan komponen yang Middle to High End , haruslah kita memikirkan budget yang sepadan juga untuk Power Supply nya juga karena menurut saya PSU ini adalah pemasok utama / jantung pacu dari sebuah komputer yang berfungsi menyalurkan listrik ke tiap tiap komponen secara efektif efisien dan stabil sehingga dapat memperpanjang umur sebuah komponen tersebut.

Jadi buang jauh" mindset bahwa budget untuk PSU mah nanti belakangan saja kalo sudah dapat semua komponen. Dijamin cepat lambat nya pasti akan ada masalah kedepannya. 

Jual saja PSU bawaan casing kalian,itung" buat nambah budget PSU yang lebih berkualitas. :) 


2.PILIHLAH PSU YANG SUDAH BERSETIFIKASI 80+ (WAJIB)


Setelah kita sudah ada niatan tidak memakai PSU bawaan casing, Tips selanjutnya adalah kita memilih PSU yang sudah ada sertifikasi 80+ nya di produk PSU nya tersebut.

Apa itu 80+ ? Singkatnya jumlah listrik yang dipakai komputer kita memiliki efisiensi minimal 80% dari total yang dipakai saat running. Kalian bisa cari lebih detailnya di internet yah.

Untuk mengecek PSU yang kalian pilih itu benar - benar 80+ dan bukan asal tempel saja,
Kalian bisa cek ke link website ini : https://www.plugloadsolutions.com/80PlusPowerSupplies.aspx

Lengkap deh pokoknya.


3.PILIHLAH BRAND YANG MEMANG SUDAH TERJAMIN KUALITASNYA (OPTIONAL)


Iya betul,Banyak sekali brand PSU yang memang sudah bermain lama didunia perpower supplyan ini, 
Anda bisa searching di internet / tanya ke forum komputer / ke teman terdekat anda yang lumayan paham dunia per pc an. 

Selain Brand nya jelas , Kualitas juga tidak perlu diragukan lagi karena pastinya menjaga nama baik brand mereka sendiri & bahkan diikuti juga dengan pelayanan aftersales serta garansi yang relatif tergantung brand yang dipilih.


4.PILIH PSU SESUAI DENGAN DAYA KOMPUTER YANG KITA RAKIT NANTI (OPTIONAL)

Kalian bisa menggunakan psu calculator yang ada di internet untuk menghitung kalkulasi total listrik/daya yang akan digunakan terlepas dari monitor nya yah.

Setelah mendapatkan hasil totalnya , misalkan kita mendapatkan totalnya di angka 400 Watt,
Saran dari gw lu bisa ambil PSU dengan daya 550 Watt / kalo bisa bahkan 650 - 700 Watt, 

Kenapa begitu ? Well gw sampaikan pendapat gw kenapa pakai PSU dengan daya yang lebih.

1. PSU dengan daya yang lebih akan membuat kinerja Power Supply lu lebih ringan sehingga kinerjanya tidak selalu mencapai arus peak / titik maksimal daya yang dapat dipasok PSU lu.

Itu berarti PSU lu akan lebih awet dan tidak bising ( karena tidak terlalu panas ) serta beban kerjanya akan lebih enteng.

2.Daya yang lebih besar bukan berarti listrik yang kita pakai akan semakin besar. Itu nanti tergantung dari seberapa besar tingkat efisiensi PSU yang akan lu beli.

3.PSU MERUPAKAN INVESTASI. 
Ya betul, selain karena komponen lu setidaknya aman terjamin dari kerusakan karena kegagalan pasokan listrik yang tidak stabil.

Keuntungan kedua adalah KETIKA lu mau upgrade komponen , let's say katakan lu mau upgrade dari sebuah GTX 1660 TI ke RTX 2060 , lu masih bisa pakai PSU Lama lu karena minimum Recommended Power Supply si RTX 2060 di 500 Watt dan lu pakai PSU yang 650 - 700 Watt di awal tadi ketika lu rakit pc pun masih bisa dipakai. See That ? Gak perlu beli PSU lagi cuy.

Saran dari gw terakhir: Kalo mau irit daya , usahakan fan casing yang nnti kita pakai tidak usah pakai lampu LED berwarna, of course ini optional , but ini gw ambil contoh : selisih antara 4 fan LED dengan non LED bisa berbeda hampir 20 - 40 watt dan ini relatif tergantung fan yang dipilih. 

Well lumayan bukan??



Akhir kata dari gw, PSU adalah Investasi , bukan sekedar pemasok daya semata , Dia seperti layaknya jantung kita sendiri yang perlu kita perhatikan juga seperti diri kita sendiri. 
Apabila tidak , maka ia bisa merusak hal lain yang berkesinambungan dengan nya secara mendadak & tidak ada yang tau kapan.


Thanks & Be Grateful. Sampai jumpa di lain waktu.

 


Mampir ke Channel Dailymotion gw juga :

0 Response to "Tips Memilih Power Supply / PSU yang sesuai. Investasi yang keliatan sepele namun FATAL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel