-->

Racikan PC Terupdate September 2021 Dengan Budget Low-End Pakai Part Dari AMD ! Semua Part Brand New !

 Yoo Guys , konten hari ini gw bakal buatkan kalian racikan PC dengan Part AMD dengan harga terupdate di hari saat konten ini gw buat :) , target racikan PC yang gw buat ini menyasar user yang tujuannya untuk gaming triple a ringan / gamer competitive esport 

Disclaimer , gw tidak disponsori oleh siapapun untuk konten hari ini & kalian juga tidak harus berpatokan dengan racikan PC yang gw buat & correct me if i'm wrong ya di kolom komentar :)


Racikan pertama yaitu dengan menggunakan VGA external tanpa IGPU bawaan processor 


1. Ryzen 3 3100

    Processor nya menggunakan Ryzen 3 3100, alasannya? Sederhana ,Sudah 4 Core 8 Thread dan TDP 65 Watt cuy, Bisa pakai cooler bawaan nya pula yang menurut gw lebih ok daripada cooler bawaan intel, no offense ya haha 😁  . Buat editing & designer pemula Okee , Buat gaming juga Okee, Buat Live streaming juga hayukk , Listrik ? ramah di dompet donkk gak bikin dompet jempol 😆




2. ASROCK A520M-HDV

Motherboard Standar untuk socket AM4 dengan brand yang sudah sering kita dengar dan terjamin kualitas nya. FYI Asrock ini dahulunya bagian dari Asus. Saya pilih chipset A520 karena sudah mendukung Ryzen 3 3100 , Kalau mau lebih murah kalian bisa pakai Asrock A320M-HDV TAPI pastikan bios nya sudah diupdate ke versi P3.70



3. V-GeN Tsunami DDR4 PC21000 2666Mhz Dual Channel 8GB (2x4GB)

Untuk RAM saya pakai dari brand V-GEN yang sudah cukup mainstream juga dikalangan para perakit PC, Selain harganya cukup kompetitif terjangkau, RAM ini sudah dilengkapi juga dengan heatsink.        Jadi Adem Guys 😆 



4. Seagate Barracuda 3,5" 1TB  

Iya, Hardisk satu ini mainstream karena memang masih diperlukan untuk menyimpan games / dokumen pribadi meskipun konvensional tapi worth it kok untuk menghemat budget di segmen storage.

Saya pilih seagate karena kecepatan nya sudah 7200 rpm dengan harganya yang terjangkau dan diberikan warranty 2 Tahun loh ! 



5. WDC Green PC SSD 120GB M.2 2280

Ini salah satu resep juga kalau mau bikin PC ngebut saat dihidupkan / booting, meskipun low end tapi kalau sudah cobain pakai SSD udah pasti gak mau balik ke Hardisk deh untuk booting windows 😆

Saya pilih 120 GB karena menurut saya cukup untuk instal system operasi dan sedikit software yang membutuhkan kecepatan SSD seperti Aplikasi editing. Ex:Photoshop dan Premiere Pro

Jika dirasa kurang atau punya dana lebih monggo beli yang kapasitasnya lebih besar.



6. Antec VP Series 500W - VP500 PLUS - 80+ White Certified

INGAT ! JANGAN PAKAI PSU BAWAAN CASING YA! 

Ini penjelasannya : https://techarusknow.blogspot.com/2020/11/tips-memilih-power-supply-psu-yang.html

Opsi lainnya bisa menggunakan Cooler Master MWE 450 Watt yang sudah diuji juga oleh bang subki dari gaptech.id ditest untuk mengangkat 1080TI loh! Referensi nya : disini



7.  Asus Radeon RX 550 2GB DDR5

VGA ini sudah cukup untuk main game esport seperti CS-GO , Dota 2, dll

Bisa diajak main game GTA V juga dengan grafis Mid Preset di reso 720p juga.

Opsi lain bisa menggunakan Asus GT 1030 2 GB YANG VERSI DDR5 ya, karena ada juga yang versi DDR4 yang notabene performanya jauh dibawah yang versi DDR5 nya.





8.CUBE GAMING BLIG + PSU 500W (Support ATX Size)

Casing gw ambil random yang menurut gw murah dari brand yang cukup terkenal 😂

Bonus PSU 500 Watt pula. PSU nya bisa kalian jual lagi buat tambahan kalian 😀

Punya preferensi sendiri ? Monggo.. 





9. Logitech Classic keyboard K120 Black USB

Keyboard Legend ini memang top karena murah dan kualitasnya Oke banget.




10.Logitech B100 Optical Mouse USB - Black

Pasangan Mouse dan Keyboard legend ini memang top deh.





11. LG 20" LED 20MK400H (HDMI)

Monitor standar resolusi 1366x768 , bisa di pasang vesa mount juga. dan portnya HDMI 


Total keseluruhan Racikan PC kali ini 




Note : Untuk Keyboard dan mouse gw pilih yang bundling karena harga lebih murah 


Atau kalian bisa cek juga di link ini Racikan PC Terupdate September 2021 Dengan Budget Low-End Pakai Part Dari AMD ! Pakai VGA Eksternal


Kalau sudah ada monitor, keyboard beserta mouse nya tinggal di kurangi saja harga nya.


Oke lanjut sekarang untuk racikan tanpa menggunakan VGA Eksternal ( memanfaatkan IGPU atau Integrated Graphics Processing Unit dari Processor )




1. Ryzen 3 3100

    Processor nya menggunakan Ryzen 3 3200G, alasannya? Processor terupdate dengan IGPU bernama Vega 8 , Dapat cooler bawaan nya yaitu Wraith Stealth , 4 Core 4 Thread dan TDP 65 Watt 

Lumayan lahh :)


Untuk sisa part nya semua sama , & note tambahan untuk RAM HARUS menggunakan dual channel karena potensi dari processor ini baru akan keluar jika menggunakan konfigurasi ram dual channel






2. ASROCK A320M-HDV

Gw pilih Motherboard ini untuk Ryzen 3 3200G karena pada saat konten ini dibuat, untuk chipset a520 tidak support untuk processor ini, Gw ga tau alasannya kenapa , mungkin kedepannya ada perubahan 

Pastikan juga untuk bios nya sudah diupdate minimal versi P2.30 sampai ke seri P.4.00


Untuk sisa partnya semua bisa disamakan seperti Racikan diatas,



Dan untuk total harga racikan nya seperti ini :



Atau link disini : Disini


Gimana menurut kalian?? Koment di kolom komentar ya ! 



Sekian hari ini dari saya untuk Racikan PC nya. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa comment dibawah ya! Thanks~~~





Jangan Lupa mampir juga ke channel Youtube gw ya!!

0 Response to "Racikan PC Terupdate September 2021 Dengan Budget Low-End Pakai Part Dari AMD ! Semua Part Brand New ! "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel